Assalamualaikum wr.wb hallo sahabat semuanya, bisssaaaa gak, ini merupakan coding untuk membuat Emoticon senyum menggunakan visual studio, Semoga Bermanfaat Buat Kalian.
C++ OpenGL dikenal sebagai salah satu library yang digunakan untuk membuat aplikasi grafis 2D dan 3D. Dalam tutorial ini, kita akan menggunakan C++ OpenGL untuk membuat emoticon senyum sederhana.
Langkah-langkah Membuat Emoticon Senyum
Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat emoticon senyum menggunakan C++ OpenGL:
- Menginisialisasi library OpenGL
- Membuat jendela grafis
- Membuat fungsi untuk menggambar lingkaran
- Membuat fungsi untuk menggambar mata
- Membuat fungsi untuk menggambar mulut
- Menggambar emoticon senyum menggunakan fungsi-fungsi yang telah dibuat
- Mengatur tampilan jendela grafis
- Menutup jendela grafis
Contoh Program Emoticon Senyum C++ OpenGL
1. Contoh Program Senyum C++ OpenGL
Berikut adalah contoh program emoticon senyum menggunakan C++ OpenGL, silahkan jalankan melalui Visual Studio.
#include <GL/glut.h>
#include <cmath>
const double PI = 3.141592653589793;
int i, jumlah_titik;
float x_tengah, y_tengah;
void DrawCircle(float x, float y, float radius, int num_segments) {
glBegin(GL_POLYGON);
for (i = 0; i < num_segments; i++) {
float sudut = i * (2.0f * PI / num_segments);
float x_pos = x + radius * cos(sudut);
float y_pos = y + radius * sin(sudut);
glVertex2f(x_pos / 100, y_pos / 100);
}
glEnd();
}
void Draw() {
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
// Lingkaran penuh
glColor3f(1.0, 1.0, 0.0);
DrawCircle(50, 50, 40, 60);
// Mata kiri
glColor3f(0.0, 0.0, 0.0);
DrawCircle(40, 70, 8, 20);
// Mata kanan
DrawCircle(60, 70, 8, 20);
// Garis senyum
glColor3f(0.0, 0.0, 0.0);
glBegin(GL_LINES);
float radius = 25;
int jumlah_titik = 210;
x_tengah = 50;
y_tengah = 52;
for (i = 105; i <= jumlah_titik; i++) {
float sudut = i * (2 * PI / jumlah_titik);
float x = x_tengah + radius * cos(sudut);
float y = y_tengah + radius * sin(sudut);
glVertex2f(x / 100, y / 100);
}
glEnd();
glFlush();
}
void Initialize() {
glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0);
glLoadIdentity();
glOrtho(0.0, 100.0, 0.0, 100.0, -1.0, 1.0);
}
int main(int argc, char** argv) {
glutInit(&argc, argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB);
glutInitWindowPosition(200, 200);
glutInitWindowSize(300, 300);
glutCreateWindow("Senyum");
Initialize();
glutDisplayFunc(Draw);
glutMainLoop();
return 0;
}
Penjelasan singkat:
DrawCircle
merupakan fungsi untuk menggambar lingkaranglOrtho
merupakan fungsi yang berisi parameter untuk memperluas rentang tampilan dari 0 hingga 100 pada sumbu x dan y.
Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, kita akan mendapatkan sebuah jendela grafis yang menampilkan emoticon senyum. Emoticon senyum tersebut terdiri dari sebuah lingkaran sebagai wajah, dua lingkaran kecil sebagai mata, dan sebuah lengkungan sebagai mulut yang membentuk senyuman.
2. Contoh Coding Senyum C++ OpenGL
1. Membuat Jendela
Langkah pertama dalam membuat emoticon senyum adalah membuat jendela aplikasi menggunakan OpenGL. Kita akan menggunakan library GLFW untuk membuat jendela. Berikut adalah contoh kode untuk membuat jendela:
#include
int main()
{
// Inisialisasi GLFW
if (!glfwInit())
return -1;
// Membuat jendela
GLFWwindow* window = glfwCreateWindow(800, 600, "Emoticon Senyum", NULL, NULL);
if (!window)
{
glfwTerminate();
return -1;
}
// Mengatur konteks OpenGL
glfwMakeContextCurrent(window);
// Loop utama
while (!glfwWindowShouldClose(window))
{
// Kode untuk menggambar emoticon senyum akan ditambahkan di sini
// Tampilkan hasil gambar
glfwSwapBuffers(window);
// Tangkap input
glfwPollEvents();
}
// Membersihkan GLFW
glfwTerminate();
return 0;
}
Pada contoh kode di atas, kita menggunakan library GLFW untuk membuat jendela dengan ukuran 800×600 piksel. Jendela ini akan menjadi wadah untuk menggambar emoticon senyum.
2. Menggambar Emoticon Senyum
Selanjutnya, kita akan menggambar emoticon senyum di dalam jendela menggunakan OpenGL. Berikut adalah contoh kode untuk menggambar emoticon senyum:
#include
void drawSmiley()
{
// Menggambar kepala
glPushMatrix();
glColor3f(1.0f, 1.0f, 0.0f);
glTranslatef(0.0f, 0.0f, 0.0f);
glutSolidSphere(0.5f, 100, 100);
glPopMatrix();
// Menggambar mata kiri
glPushMatrix();
glColor3f(0.0f, 0.0f, 0.0f);
glTranslatef(-0.2f, 0.1f, 0.2f);
glutSolidSphere(0.1f, 100, 100);
glPopMatrix();
// Menggambar mata kanan
glPushMatrix();
glColor3f(0.0f, 0.0f, 0.0f);
glTranslatef(0.2f, 0.1f, 0.2f);
glutSolidSphere(0.1f, 100, 100);
glPopMatrix();
// Menggambar mulut
glPushMatrix();
glColor3f(0.0f, 0.0f, 0.0f);
glTranslatef(0.0f, -0.2f, 0.0f);
glutSolidCone(0.3f, 0.2f, 100, 100);
glPopMatrix();
}
int main()
{
// ...
// Loop utama
while (!glfwWindowShouldClose(window))
{
// Menghapus layar
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
// Menggambar emoticon senyum
glPushMatrix();
glTranslatef(0.0f, 0.0f, -1.0f);
drawSmiley();
glPopMatrix();
// ...
// Tampilkan hasil gambar
glfwSwapBuffers(window);
// Tangkap input
glfwPollEvents();
}
// ...
}
Pada contoh kode di atas, kita menggunakan beberapa fungsi OpenGL untuk menggambar emoticon senyum. Fungsi glutSolidSphere
digunakan untuk menggambar kepala dan mata, sedangkan fungsi glutSolidCone
digunakan untuk menggambar mulut.
3. Menjalankan Program
Terakhir, kita perlu menjalankan program untuk melihat hasilnya. Pastikan kita telah mengompilasi dan menjalankan kode dengan benar menggunakan compiler C++ yang mendukung OpenGL. Setelah program berjalan, kita akan melihat jendela dengan emoticon senyum yang kita buat di dalamnya.
Demikianlah artikel kta kali ini, semoga bisa bermanfaat buat kita semua, dan jangan lupa share dan berlangganan email di blog kami.